LatestNasionalPendidikanRagamRegional

326 Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung Di Wisuda

BANDUNG, MP – Rektor Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung, DR Didin Saepudin SE. M.Si, meminta, agar seluruh lulusan USB gelombang 1 tahun akademik 2023-2024 mampu menjaga marwah dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah di USB, agar mampu bersaing dengan mengutamakan skill dan berguna bagi masyarakat.

Apalagi, menurutnya, saat ini USB sudah terakreditasi dan bekerjasama dengan LLDIKTI sehingga ijasah lulusan USB mulai tahun ini sudah terdaftar di LLDIKTI dan mempunyai PIN sendiri.

Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan dengan para lulusan sebelumnya.

Tidak ada perbedaan dalam hal kualitas atau peningkatan kemampuan. Hanya saja untuk jumlah kelulusan kali ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya karena rencananya dibagi dalam dua gelombang. Didin berpesan agar seluruh lulusan dapat menjaga nama baik USB.

“Tunjukan kemampuan diri dan amalkan ilmu yang selama kuliah di USB. Apalagi untuk lulusan USB saat ini sebagian sudah mengantongi sertifikasi berdasarkan disiplin ilmu dan kemampuan masing-masing,” ungkap Didin usai acara wisuda 326 mahasiswa USB di Hotel Grand Aquila, Bandung, Sabtu (16//6/2024).

Dikatakan Didin, sejauh ini pihaknya komitmen dan taat azas untuk menjaga mahasiswa yang dititipkan orang tua ke USB, sehingga bisa lulus sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu Didin mengaku sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia khususnya Kota Bandung, sehingga para lulusan USB dapat diterima bekerja.

“Kami berupaya memberikan yang terbaik bagi para lulusan USB termasuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar. Namun kebijakan untuk menerima lulusan USB tergantung pada kebijakan dan penilaian perusahaan. Hanya saja sebagai informasi beberapa mahasiswa kami yang sempat magang sudah ditawari bekerja meskipun belum lulus,” pungkasnya.

Hal serupa diungkapkan Ketua Yayasan YPKP, Dr. H.R Ricky Agusiady, SE, MM, aka CfrA, CHRM bahwa sejauh ini USB bukan hanya bekerjasama dengan sejumlah perusahaan besar saja. Namun pihaknya sudah bekerjasama dengan lembaga pendidikan di luar negeri.

“Selain dengan perusahaan besar kami juga sudah bekerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri. Bahkan beberapa mahasiswa kami sudah pernah dikirim ke Hongkong beberapa waktu lalu,” katanya.

“Untuk saat ini memang baru sebagian mahasiswa yang mengantongi sertifikasi. Untuk ke depan seluruh lulusan USB bisa memiliki sertifikasi. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu sertifikasi, kalau memang yang bersangkutan mampu menempuh ujian nya,” pungkasnya.

USB Pilihan Tepat

Victor Ary Budiono salah seorang dari mahasiswa jurusan Magister Management yang juga bekerja di salahsatu staf ahli perusahaan kontraktor di Bekasi mengaku bangga sebagai lulusan USB, dan berjanji akan mengaplikasikan ilmu yang didapatnya guna membantu perusahaanya mampu bersaing dan lebih meningkat.

“Pokoknya USB yang terbaik, saya kuliah disini (USB) merasa terbantu dalam mengatasi berbagai polemik yang dialami sebagai konsultan kontraktor. Ilmu yang didapat selama kuliah dua tahun di USB akan saya aplikasikan untuk memajukan perusahaan khususnya bidang pemasaran,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Parodi Magister Management USB, Dr. Drs. Kosasih MM, mengatakan, ada 32 mahasiswanya yang turut diwisuda. Untuk itu ia berharap agar seluruh lulusan fakultas management mampu mengembangkan ilmu wirausaha yang didapatnya.

“Saya berharap seluruh lulusan fakultas management mampu mengembangkan usahanya untuk mensejajarkan diri dengan wirausahawan lain yang sudah mapan”, katanya. **