EkonomiRagamRegional

Anggota Koperasi Semakin Sejahtera Dengan Bertambahnya Modal

BANDUNG, MP – Keberadaan koperasi sangat penting sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia juga mendapat pengakuan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1). Bahkan, koperasi juga menjadi rumah bagi pelaku UMKM.

Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang kegiatannya berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong untuk kepentingan kesejahteraan bersama.

Namun bukan perkara mudah untuk mengelola dan mengembangkan koperasi. Tidak sedikit koperasi yang stagnan atau bahkan gulung tikar karena pengelolaan yang kurang baik dan modal yang tergerus sehingga berujung gagal bayar.

Selain perlu manajemen yang profesional, koperasi juga harus memiliki modal yang kuat agar bisa tumbuh dan leluasa dalam melakukan pengembangan bisnis.

Pengelola koperasi kerap kesulitan mengajukan modal usaha dari lembaga keuangan akibat berat dan berbelitnya persyaratan yang harus dipenuhi.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bank bjb senantiasa mendukung koperasi di Indonesia untuk tumbuh bersama demi mensejahterakan seluruh anggotanya.

“Bank bjb ingin Membangun Negeri bersama Koperasi melalui pinjaman bjbKredit Kepada Koperasi dengan persyaratan yang sangat mudah,” ujar Widi.

Bjb Kredit Kepada Koperasi merupakan pemberian fasilitas kredit untuk menambah modal kerja penerus pinjaman kepada Koperasi dengan pola executing.

Jenis fasilitasnya meliputi Kredit Modal Kerja Simpan Pinjam Koperasi Karyawan (KopKar) dengan jangka waktu maksimal 12 tahun, dan Kredit Modal Kerja Simpan Pinjam Koperasi Umum & BUMDes dengan jangka waktu maksimal 5 tahun.

Fasilitas pinjaman dari bank bjb diberikan kepada Koperasi Karyawan yang telah berdiri dan beroperasi minimum 3 tahun yang memiliki induk entitas pemerintah / entitas swasta. Sedangkan pinjaman untuk Koperasi Umum, harus sudah berdiri dan beroperasi minimum 5 tahun.

Skema bjbKredit Kepada Koperasi meliputi Kredit modal kerja yang diterus pinjamkan kepada anggota, Kredit modal kerja umum koperasi, dan Kredit investasi koperasi.

“Bank bjb mengajak seluruh koperasi di Indonesia untuk tumbuh bersama melalui penambahan modal agar anggota semakin sejahtera,” kata Widi.

Mudahnya Persyaratan bjb Kredit Kepada Koperasi

Salah satu keunggulan bjb Kredit Kepada Koperasi adalah sangat mudah dari sisi persyaratan, mulai dari Surat permohonan, Copy Ijin usaha simpan pinjam dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia atau Otoritas berwenang, Copy Akta Pendirian dan/atau anggaran dasar (berikut perubahannya) dan dokumen pengesahan sesuai dengan Undang – undang yang berlaku, Copy Anggaran Rumah Tangga (ART).

Selain itu, persyaratan lainnya adalah Copy daftar susunan pengurus terakhir yang telah disetujui oleh Rapat Anggota dan diketahui Otoritas berwenang, Copy Rapat Anggota Tahunan, Copy Laporan Keuangan semesteran periode terakhir, Copy profile Entitas Induk (untuk Koperasi Karyawan), dan Data end user.

“Bank bjb juga melakukan kolaborasi dengan sejumlah koperasi melalui kerja sama penyaluran kredit UMKM Channeling,” kata Widi. ***